Tentang Sekolah

Mengelola pendidikan sekolah Taman Kanak - kanak, Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama menjadi salah satu sekolah unggulan terkemuka di Indonesia yang akan menghasilkan sumber daya manusia / siswa - siswi yang berkualitas, bertaqwa, mandiri, serta bersaing dalam proses menuju pendidikan yang lebih tinggi di era globalisasi yang bertaraf internasional.

  • Mempersiapkan sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan di bidang Sains, Humaniora dan Bahasa.

  • Menyelenggarakan serta memfasilitasi kebutuhan belajar mengajar Anak Berbakat yang mempunyai tingkat intelegensi diatas 130 dengan program-program pembelajaran yang memadai.

  • Mengupayakan kemampuan berbahasa asing minimal 2 bahasa, yaitu bahasa inggris dan bahasa lain (Mandarin/ Jepang), sesuai kebutuhan.

  • Menyelenggarakan program penguasaan teknologi, baik ditingkat Taman Kanak-kanak sampai Sekolah Menengah Pertama dalam proses pembelajaran dan kemampuan pribadi sesuai tingkat pendidikannya.

  • Meningkatkan minat baca peserta didik dengan menyelenggarakan program-program yang terkait dengan minat baca siswa dan upate buku-buku perpustakaan sekolah.

  • Meningkatkan sumber daya di YPP ADIK IRMA yang berkualitas melalui pelatihan-pelatihan/ seminar serta studi banding didalam dan diluar negeri (Negara tetangga terdekat).

Mengingat pentingnya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan komputer, Yayasan Pembina pendidikan Adik Irma telah bekerjasama dengan lembaga Eloquece dan Cal untuk mencapai hasil yang maksimal.

Tentang Sekolah

Sambutan Ketua Yayasan

Assalamu’alaikum

Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Sejahtera,

Segala puja dan puji kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, DIA lah Tuhan yang pantas kita sembah, dan kepada-Nya kita berharap dan memohon perlindungan.

Melihat perkembangan Ilmu Pengetahuan dan perubahan perilaku sosial yang semakin global dan cepat, sudah selayaknya kita perlu mempersiapkan diri agar perkembangan atau perubahan tersebut dapat dimengerti dan dijawab secara baik dan benar, terutama bagi putra-putri kita untuk menjalani proses hidup dan kehidupan di masa yang akan datang. Proses kehidupan di masa yang akan datang adalah proses implementasi diri yang penuh dengan berbagai macam tantangan dan rintangan. Tantangan dalam mengikuti Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan rintangan dalam menghadapi perilaku moral. Memang sangat beralasan bagi para orang tua, bahwa anak-anaknya diharapkan dapat menjalani proses kehidupan secara baik dan benar, proporsional dan professional.

Menghasilkan sumber daya manusia yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kepribadian berlandaskan iman dan takwa yang peduli pada nilai – nilai kemanusiaan adalah Visi Pendidikan TK-SD-SMP Adik Irma. Visi ini dibuat berlandaskan pada kajian berbagai macam bidang Ilmu Pengetahuan, yang dilatarbelakangi harapan terbentuknya kepribadian dan perilaku anak yang memiliki Ilmu Pengetahuan dan Akhlaq.

Sebuah Lembaga Pendidikan berkewajiban melakukan pembinaan, pembentukan dan pengembangan potensi dasar yang dimiliki oleh setiap anak agar dapat digunakan secara baik dan proposional. Kerja sama yang baik di antara kita adalah modal utama dalam pembinaan dan pengembangan potensi dasar anak.

Kehadiran website ini adalah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pelayanan upaya Yayasan untuk memenuhi segala kebutuhan penunjang akademik. Semoga media ini bisa membantu masyarakat luas untuk dapat melihat serta mendapatkan akses informasi perkembangan TK-SD-SMP Adik Irma dimasa sekarang dan akan datang.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketua Yayasan

Amita M. Haroen

Sejarah YPP Adik Irma


Program Anak Berbakat (AB) & sekelumit sejarah
Yayasan Pembina Pembina Pendidikan Adik Irma Suryani Nasution

Oleh : Ny. I.A.L. Tobing

Pada tangal 2 Februari 1952, dipekarangan rumah jalan Diponegoro 52, Jakarta Pusat, yang ketika itu merupakan kediaman Bapak Wongsonegoro, SH, mantan menteri P & K dan Perdana Menteri Republik Indonesia, atas perkenan beliau saya dirikan sebuah Taman Kanak-Kanak (Kindergarten) dengan nama Taman Kanak-kanak Indriya.

Dan pada waktu itu TK ini dipercaya oleh pemerintah untuk dipergunakan sebagai TK Latihan bagi Sekolah Guru Taman Kanak-kanak. TK indriya ini merupakan cikal bakal dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar dan Sekola Menengah Pertama dari Yayasan Pembina Pendidikan Adik Irma Suryani Nasution. Pada suatu saat ketika ruang-ruang kelas dan arena bermain tidak lagi mampu menampung anak didik yang jumlahnya semakin lama semakin meningkat, maka pada pertengahan tahun 1964, Taman Kanak-kanak INdriya tersebut dipindahkan ke jalan Cilosari 32, Jakarta Pusat, dan sekaligus merubah status TK Indriya dengan nama Yayasan Pembina Pra-Sekolah.

Sesuai dengan perkembangan kebutuhan anak didik, pada tahun 1967, Yayasan Pembina Pra-Sekolah mendirikan Sekolah Dasar. Dan atas usaha serta pertolongan orang tua murid, sekolah kemudian dapat dipindahkan ke sebuah gedung tua berhalama luas yang cukup menampung murid-murid yang kian meningkat jumlahnya, di jalan Pegangsaan Barat 10, Jakarta Pusat.

Dari murid-murid TK yang ada, setelah dilakukan tes oleh Prof. Kustur (almarhum), banyak ditemukan siswa yang memiliki IQ tinggi diatas rata-rata, dan yang paling menonjol terdapat pada seorang anak yang berumur 5,2 tahun. Dalam pengamatan lebih lanjut, ternyata anak tersebut llus dari ITB pada usia yang relative sangat muda. Saya beranikan untuk membuka kelas 1 dengan 20 orang murid. Karena pada waktu itu, kami merupaka Sekolah swasta, maka sesuai dengan ketentuan yang ada, ujian0nya harus bergabung dengan Sekolah Dasar Negeri, tetapi sesudah didatangi oleh P & K DKI, pada waktu itu Bapak almarhum Suardilani, menizinkan kami untuk ujian disekolah kami sendiri dengan hasil ujian yang memuaskan.

Pada bulan September tahun 1983, kami mendatangi Yayasan Tugasku dengan Ibu Yaumil Agoes Achir, Bapak Soetoto, Ibu Munandar dan saya sendiri untuk bekerjasama memulai mendirikan Kelas Anak Berbakat. Mengapa dengan Yayasan Tugasku, karena di YPP adik Irma Suryani Nasution, Jalan Pegangsaan Barat (Sekolah Lama) tidak memiliki tempat untuk kelas Anak Berbakat (AB). Tetapi, banyak orang tua murid Adik Irma Suryani Nasution kurang menyetujui, kalau sebagian anak bersekolah di jalan Latuharhari dan kakak atau adiknya di jalan Pegangsaan Barat no.10.

Sesudah mengikuti perkembangan anak-anak didik YPP Adik Irma Suryani Nasution yang sudah berprestai di perguruan tinggi (Universitas), maka atas anjuran :

  • Ibu DR. Yaumil Agoes Achir
  • Ibu Prof. DR. Utami Munandar

Pada tahun 1984, kami mulai dengan pendidikan anak berbakat (AB). Setelah beberapa kali mengadakan pertemuan, maka diputuskan penyelenggaraan pengajaran Anak Berakat tetap diadakan di jalan Pegangsaan Barat no.10, dalam ruang yang amat terbatas. Setelah kami tidak menyelenggarakan SMP, pada waktu itu kami pusatkan perhatiannya pada Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan SD Kelas Berbakat (AB). Pada saat itu pula, YPP Adik Irma Suryani Nasution belum mempunyai staf pengajar yang betul-betul ahli dalam pendidikan Anak Berbakat (AB). Yang kami lakukan adalah memberikan pengayaan (enrichment) kurikulum atas dasar kurikulum Sekolah Dasar yang berlaku. Para pengajar, kami biasakan menyiapkan Worksheet (lembar kerja) dan lembaran kerja tersebut diperbanyak oleh orang tua siswa.

Dalam usaha untuk meningkatkan mutu para pengajar, kami menyelenggarakan penataran yang dibantu oleh Ibu Yaumil Agoes Achir, Bapak dan Ibu Munandar. Dalam perkembangan selanjutnya, YPP adik Irma Suryani Nasution mulai mempelajari tentangpembuatan kurikulum yang berdifferensiasi.

Pada awalnya, karena belum menguasai serta belum berpengalaman menanganai siswa berbakat, dan para guru kurang begitu antusias dalam mengajarnya, maka beberapa orang tua siswa merasa kurang puas. Tetapi dalam perkembangan selanjutnya, atas dasar pengalaman terdahulu, YPP Adik Irma Suryani Nasution berhasil menyusun kurikulum yang berdifferensiasi serta dapat menghimpun guru-guru yang berdedikasi tingi dalam membimbing siswa-siswa berbakat.

Dan pada tahun 1992, Yayasan Pembina Pendidikan Adik Irma Nasuton dapat mengirim 2 staff untuk meninjau kegiatan di Canada dan Connecticut University, untuk mempelajari program pendidikan siswa berbakat. Sehingga secara bertahap, sedikit demi sedikit pengalaman serta pengetahuan para guru dapat ditingkatkan. Selain dari pada itu, pada saat ini YPP AISN telah mempunyai gedung yang lebih memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan pengajaran kelas Anak Berbakat (AB) yang lebih memadai dan membuat Recourse Room. Tujuan itu semua adalah untuk merubah the way of teaching dari para pengajar, dengan memberikan penerangan/penjelasan tentang Taxonomy dari Benjamin Bloom supaya pelajaran yang diterima para siswa TK sampai dengan kelas II AB dapat berjalan lebih effektif. Tentu semua itu merupakan sebuah tantangan bagi para guru untuk mengajarkannya.


PRESTASI YPP ADIK IRMA


Prestasi TK

TANGGAL LOMBA
20161012

Juara tari daerah

20161006

juara lari

20161026

juara taekwondo

Prestasi SD

TANGGAL LOMBA
20161026

Juara futsal

20161029

juara matematika

Prestasi SMP

TANGGAL LOMBA
20161020

Juara KIR

20161028

juara fisika

Prestasi SMA

TANGGAL LOMBA
20161027

juara sulap


MITRA SEKOLAH


Layanan Psikologi

CALearning – Adik Irma merupakan lembaga Pendidikan Komputer yang didirikan atas hasil kerjasama antara Yayasan Pembina Adik Irma dengan PT. CAL Tunas Bangsa, yang terselenggara sejak tahun 2003.

Metode Pembelajaran :

Active Learning
Fun & Creative
Thematic
Project Based
Sistem Penilaian berdasarkan : Kreatifitas, Smart serta Prilaku

Eloquence

Eloquence

CALearning – Adik Irma merupakan lembaga Pendidikan Komputer yang didirikan atas hasil kerjasama antara Yayasan Pembina Adik Irma dengan PT. CAL Tunas Bangsa, yang terselenggara sejak tahun 2003.

Metode Pembelajaran :

Active Learning
Fun & Creative
Thematic
Project Based
Sistem Penilaian berdasarkan : Kreatifitas, Smart serta Prilaku

Experd

Layanan

CALearning – Adik Irma merupakan lembaga Pendidikan Komputer yang didirikan atas hasil kerjasama antara Yayasan Pembina Adik Irma dengan PT. CAL Tunas Bangsa, yang terselenggara sejak tahun 2003.

Metode Pembelajaran :

Active Learning
Fun & Creative
Thematic
Project Based
Sistem Penilaian berdasarkan : Kreatifitas, Smart serta Prilaku